Cermin Tak Pernah Berdusta

7 Jan

Setiap hari semua orang pasti selalu bercermin. Di cermin kita bisa melihat seperti apa kita fisik kita sesungguhnya. Apakah kulit kita putih, rambut kita lurus, wajah kita bulat. Cermin tak pernah berdusta, apa yang terlihat di cermin itulah keadaan kita yang sebenarnya.

Sebenarnya yang perlu cermin itu bukanlah hanya fisik kita saja. Hati kita pun memerlukan cermin sebagai sarana untuk bermuhasabah.  Kita melihat kembali apa saja perbuatan yang telah kita lakukan. Apakah kebanyakan perbuatan yang telah kita lakukan itu kebanyakan perbuatan buruk dari pada perbuatan baiknya. Perbuatan yang telah kita lakukan selama kita di dunia semuanya akan dimintai pertanggungjawabannya di akhirat kelak. Sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Al Hasyr ayat 18.

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (QS Al Hasyr : 18).

Biasanya di setiap pergantian tahun baru masehi, orang-orang sering membuat resolusi di tahun yang baru ini. Namun sebenarnya introspeksi diri itu seharusnya tidak dilakukan hanya setiap tahun. Bisa saja kita melakukan introspeksi setiap hari, setiap jam, setiap menit, atau bahkan setiap detik. Marilah kita bercermin untuk hati kita setiap waktu agar kita dapat menjadi manusia yang lebih baik lagi dari sebelumnya karena cermin tak pernah berdusta.

“Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung. Bila hari ini sama dengan kemarin, berarti orang merugi. Dan jika hari ini lebih jelek dari kemarin adalah orang celaka”

 

2 Tanggapan to “Cermin Tak Pernah Berdusta”

  1. anang nurcahyo 7 Januari 2011 pada 8:52 AM #

    semoga lebih baik selanjutnya..

    • Muhammad Lukman 7 Januari 2011 pada 8:57 AM #

      Amin…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: