Someah Hade Ka Semah

30 Jan


Filosofi “Someah Hade Ka Semah” merupakan local wisdom dari tatar Sunda. Ini berarti bahwa urang Sunda harus ramah pada tetamunya. Ramah dalam arti menjamu, menjaga, memelihara, dan berupaya membahagiakan tamu mereka. Someah dalam basa Sunda berbeda dengan darehdeh. Darehdeh berarti banyak senyum dan membungkukan badan. Namun someah memiliki arti lebih luas seperti disinggung di atas.

“Hade Ka Semah” berarti respect. Menghargai, sebuah untaian kata yang simple namun berat. Inila pendalaman prinsip urang sunda yang terkesar dikubur hidup-hidup. Pengalihan umum yang menggambarkan urang sunda yang toleran pada setiap hal baru di kesankan menjadi sosok-sosok yang kurang berani, ” elehan” selalu mengalah, jarang bicara, telah dibungkam dengan gerakan yang kontra produktif yang akan memunculkan stigma baru atas nama “dihargai”.

Manifesto Baraya Bandung FC sebagai supporter club berusaha bergerak ditataran pencerahan baru dengan jargon Jujur – Komitmen – Profesional. Seiring dengan titik nol yang dikumandangkan Manajemen Bandung FC. Tidak bisa dipungkiri Baraya BFC akan menjadi pilar kuat untuk membantu membesarkan tim, mengharumkan nama Bandung dan Jawa Barat pada umumnya.

Baraya Bandung FC diharapkan akan menjadi agen perubahan yang tetap mempromosikan Kejujuran, menjunjung tinggi Sportivitas, dan Profesional dalam pergerakan.

Kenapa Baraya? Baraya lebih halus dari “wargi” yang artinya warga atau saudara. Baraya lebih digunakan untuk mengaitkan pertemanan yang ada menjadi lebih hebat. Dalam istilah sunda “Babarayaan” artinya digagas untuk menjadi saudara dekat karena ada kesamaan pandangan dalam satu hal. “Pibarayaeun” artinya mengharapkan seseorang satu seluruh keluarga menjadi satu keluarga dekat. “Baraya Jauh” artinya mencoba menghubungkan kekerabatan / Panca kaki supaya terkesan lebih familiar.

Kalo urang sunda semua baraya dalam kesukuanya, lantas apa makna baraya secara nasional atau internasional? inilah tantangan kita semua memaknai “persaudaraan” tanpa mengenal suku, bahasa, dan lainnya. Apa sebenarnya yang menajdi tolak ukur? adalah 5 huruf yang sangat mudah: JUJUR-TRUST komitmen kejujuran inilah yang akan kita tegaskan. Jujur menjadi barang langka, antik, kuno, ngga lagi trend!

Rekrutmen adalah segalanya, Baraya BFC diharapkan lahir secara natural tidak tergesa-gesa dengan proses yang alami, apakah gayung bersambut? tinggal waktu yang akan membuktikannya.

Join the Movement saatnya Jargon menjadi kenyataan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: