Anterograde Amnesia

16 Jan

Apa sih anterograde amnesia itu? Anterograde amnesia adalah suatu bentuk amnesia di mana peristiwa atau kejadian baru yang ada dalam ingatan jangka pendek tidak ditransfer ke ingatan jangka panjang yang permanen. Anterograde amnesia juga bisa dikatakan sebagai amnesia jangka pendek. Itu merupakan salah satu jenis amnesia yang  bisa juga menyerang manusia seperti saya ini.

Saya pernah mengalami anterograde amnesia ini ketika saya sedang bermain sepakbola. Ketika itu cuaca tidak bersahabat untuk bermain sepakbola dikarenakan turun hujan. Tapi saya lebih suka bermain bola di kala hujan dari pada di kala matahari bersinar terik. Jika hujan turun otomatis lapangan akan menjadi licin. Sehingga para pemain sepakbola akan lebih mudah untuk terjatuh di lapangan.

Ketika  itu pertandingan memasuki pertengahan babak pertama dan hujan masih saja turun. Saya berperan sebagai pemain gelandang yang bertugas di lini tengah. Saat saya sedang mencoba mengejar pemain lawan yang sedang menggiring bola, tiba-tiba saya terjatuh karena licin. Namun sialnya anggota tubuh saya yang pertama kali jatuh adalah kepala bagian belakang.  Saya pun terjatuh sambil memegangi kepala bagian belakang saya karena rasanya sakit sekali. Setelah itu yang saya ingat hanyalah saya disuruh ke luar lapangan oleh wasit dan mendapatkan perawatan dari tim medis. Kejadian yang terjadi setelah itu pun saya tidak tahu apa yang saya alami.

Tiba-tiba saya sudah berada di pinggir lapangan bagian barat dengan keadaan berdiri. Padahal seingat saya tadi saya ada di pinggir lapangan bagian timur. Apakah saya tadi pingsan? Tapi tampaknya tidak karena saya sadar dalam keadaan berdiri. Mana ada orang pingsan dalam keadaan berdiri. Mungkin yang saya alami tadi adalah anterograde amnesia. Sehingga saya tidak tahu apa yang terjadi setelah saya terjatuh tadi. Untung saja hanya amnesia sesaat bukan amnesia untuk selamanya. Alhamdulillah.

 

Satu Tanggapan to “Anterograde Amnesia”

  1. guest 3 Juni 2012 pada 6:30 PM #

    kalo yang dialami itu namanya retrogade amnesia om, kalo anterograde amnesia itu kita gabisa mengingat sama sekali kejadian apapun setelah kejadian itu, dan untuk seterusnya pun begitu. coba dibaca lagi deh wikipedia luar nya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: